Jumat, 12 Juni 2015

ROTI SISIR

                               ROTI SISIR



Waktu kecil sering bawa bekal makanan kalau ke sekolah. Dan....salah satu jajanan favorit adalah roti sisir. Masih inget banget bau wangi rotinya, manisnya dan lengket menteganya yang selalu bikin kangen. Ehh...ga sengaja dapat resepnya dari sobat G+ bunda Ghalie Leo. Akhirnya langsung deh eksekusi. Berikut posting ulang resepnya.

Resep Roti Sisir 

Water Roux
2 sdm munjung terigu cakra
8 sdm susu cair
Campur dan aduk rata lalu masak dengan api kecil hingga mengental dan jangan sampai menggumpal. Sisihkan dan dinginkan.

Bahan Biang
5 sdm air hangat
1 sdt gula pasir
1 sdt fermipan/ragi
Campur rata kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit, hingga berbuih.

Bahan Roti 
300gr terigu cakra
1 butir kuning telur
2 sdm munjung margarin
3 sdm gula pasir
10 sdm susu cair

Bahan Olesan 
3 sdm butter
3 sdm gula halus
Campur rata bahan diatas.

Cara Membuat
Campur terigu, gula pasir, kuning telur, margarin, aduk rata. Kemudian tambahkan biang dan water roux, aduk dan tuangi susu cair sedikit demi sedikit. Uleni hingga lembut dan kalis. Kemudian tutupi dengan kain lembab dan diamkan selama 1 jam. 
Setelah 1 jam adonan akan mengembang 2x lipat. Kempiskan adonan kemudian bagi menjadi 12 bagian, bulatkan dan diamkan kembali selama 10 menit.
Pipihkan setiap bulatan kemudian olesi kedua sisinya dengan bahan olesan. Siapkan loyang yang akan digunakan dengan dioles margarin dan taburi dengan tepung terigu. Tata adonan yang sudah dioles ke dalam loyang dengan posisi berdiri. Tutupi kembali dengan kain lembab dan diamkan selama 30 menit.
Sebelum dipanggang olesi permukaan roti dengan sisa bahan olesan, kemudian panggang selama 25 menit dengan suhu 180 derajat celcius. 




Cukup lama juga sih prosesnya. Tapi hasilnya cukup memuaskan. Tips pada pembuatan roti ini adalah adonan harus benar-benar kalis, ditandai apabila adonan ditarik melebar tidak akan sobek. Dan saat pemberian susu cair sebaiknya sedikit demi sedikit dan boleh dihentikan bila adonan sudah terasa cukup kalis. Silahkan dicoba resepnya ya..... Selamat menikmati roti buatan sendiri yang pastinya enak dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar