Jumat, 26 Juni 2015

Martabak Telur Kriuk

Martabak Telur Kriuk





Apa sih yang paling enak waktu cuaca dingin seperti akhir-akhir ini selain minuman dan camilan yang hangat. Sesuatu yang bisa dimakan saat masih hangat, gurih dan kriukk, salah satu pilihannya adalah martabak telur. Cuman sayang kalau beli di abang martabak pas udah nyampe rumah sudah dingin. Mending bikin sendiri yukk. Habis matang bisa langsung disantap, ditambah cabe rawit atau cocolan saus sambal rasanya mantab banget. 

Bahan kulit:
200 gram tepung terigu protein tinggi
1/4 sdt garam halus
140 ml air
30 gram minyak goreng
500 ml minyak goreng untuk merendam adonan
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng 

Bahan isi:
2 paha ayam, ambil dagingnya dan cincang (bisa diganti dengan daging sapi)
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir 
2 siung bawang putih dicincang
1/2 sdt bubuk kari
1/4 sdt merica halus
1/2 butir bawang bombay
100 ml air
sedikit minyak goreng untuk menumis
 
Cara buat kulit:
Campurkan tepung terigu dan garam dalam suatu wadah. Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Kemudian tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit kemudian uleni sampai kalis. Tandanya adonan menjadi elastis dan tidak mudah robek.
Bagi adonan menjadi 4 bagian, kemudian rendam di dalam minyak goreng selama 2 jam. Sisihkan terlebih dahulu.

Cara buat isi:
Tumis bawang putih sampai harum kemudian masukkan bawang bombay dan daging cincang . Tambahkan air sampai daging empuk. Tambahkan bumbu lainnya seperti garam, gula dan merica. Koreksi rasanya sebelum diangkat dari api.

Cara menggoreng:
Siapkan terlebih dahulu 4 batang irisan daun bawang, 4 butir telur, garam halus dan garam halus.
Ambil 1/4 bagian adonan isi, tambahkan 2 sendok irisan daun bawang, 1 butir telur, sedikit merica bubuk dan garam halus, aduk rata.
Tiriskan satu bulatan adonan, letakkan dan tarik melebar pelan-pelan hingga tipis. Goreng melebar ke dalam wajan datar yang telah dipanaskan. Tambahkan campuran adonan isi ke bagian tengah kulit, kemudian lipat seperti amplop. Goreng dengan api kecil agar adonan matang hingga ke bagian dalam, sampai warnanya kecoklatan.
Agar lebih mudah adonan bisa dibentuk sebelum masuk ke wajan. Jadi lebarkan adonan kulit, kemudian tambahkan adonan isi dan lipat, baru digoreng.
Nah...silahkan pilih cara yang paling mudah ya. Mungkin agak repot saat pertama kali menggoreng karena adonan kulit cukup licin. Tapi asal ada niat pasti berhasil kok... Yukk cepat dicoba resepnya agar kita bisa menikmati kriuknya martabak telur setiap saat.