Sabtu, 27 Juni 2015

Eggless No Knead Bread

Eggless No Knead Bread





Suka banget bikin roti, dalam seminggu hampir dua kali bikin roti. Tapi kadang muncul rasa males apalagi klu lengannya pas pegel tu. Untung dapat resep ini dari mba Anisatur Reihan. Sekali coba langsung cocok, karena adonan bisa dibuat pas malam hari dan paginya tinggal dioven aja.
 
Bahan-bahan:

120 ml susu cair
100 ml air
40 gram gula halus
300 gram tepung terigu protein sedang
4 gram garam halus
6 gram ragi instan
30 gram margarin cair
3 sdm madu
1 butir kuning telur
3 buah pisang raja
coklat meises secukupnya

Cara Buat:

> Larutkan gula dan garam ke dalam campuran susu cair dan air. Setelah larut taburkan ragi instan dan diamkan selama 5 menit. Aduk dengan sendok hingga larut.
> Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, lalu aduk menggunakan spatula kayu hingga membentuk adonan yang kenyal.
> Masukkan margarin cair dan aduk hingga rata. Tekstur adonan akan menjadi basah dan lengket.
>Tutup wadah adonan dengan plastik wrap atau kain bersih. Diamkan selama 20 menit.
>Taburi tangan dengan tepung terigu. kempiskan adonan, cukup dengan menekan-nekan. Balik adonan bagian bawah dan bentuk membulat. Ulangi proses ini sebanyak 3X. Tutup kembali dengan plastik wrap atau kain dan simpan di dalam kulkas selama 6 jam atau semalaman.
> Siapkan loyang yang sudah dioles margarin tipis-tipis. Masukkan setengah adonan, kemudian letakkan dan tata potongan pisang di atasnya. Taburi dengan meises. Tutup kembali dengan sisa adonan, olesi permukaannya dengan madu. Diamkan terlebih dahulu selama 15 menit sebelum dipanggang.
> Oven selama kurang lebih 15 menit atau setengah matang. Keluarkan sebentar dan olesi dengan kuning telur. Lanjutkan mengoven kembali selama 15 menit atau sampai matang.

Adonan juga bisa dibentuk loh, walau adonan agak lengket. Tipsnya olesi tangan dengan tepung terigu agar adonan lebih mudah dibentuk.