Kamis, 20 Agustus 2015

Puding Tape Ketan Hijau



Lebaran kemarin dapat kiriman tape ketan hijau dari temen. Ga tanggung-tanggung banyaknya... Seneng sih bisa puas-puasin bikin wedang tape klu pas malem hari. Kadang dimakan dingin pake emping goreng.. hehe nikmat deh pokoknya. 

Kebetulan pas terakhir browsing eh kok nemu resep puding ini di blognya mba diah didi. Jadi deh nguplek sebentar di dapur hasilnya dapat 15 buah puding pake cetakan kecil-kecil.
Nih saya postingkan resepnya ya, silahkan dicoba. Gamping...dan cuepet... Dan pasti berhasil..hehe

Bahan puding:
1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
1 liter santan yang sedang kentalnya
200 gram tape ketan hijau
150 gram gula merah
1/2 sdt garam
3 lembar daun pandan


Cara membuat:
> Campur santan, garam dan agar-agar. Bagi menjadi dua bagian. Masing-masing 300 ml dan 700 ml.
> Campur adonan yang berukuran 300 ml dengan 2 sdm gula pasir. Masak sampai mendidih. Kemudian tuang ke dalam cetakan, cukup setengah tinggi cetakan saja.
> Campur adonan yang berukuran 700 ml dengan gula merah sisir dan daun pandan. Masak hingga mendidih kemudian saring terlebih dahulu. Tuang ke dalam cetakan sampai penuh.
> Biarkan sampai dingin sampai siap dinikmati.