Kamis, 27 Agustus 2015

Bolu Gulung Lapis Selai Strawberry



Bolu gulung adalah salah satu makanan yang saya suka. Teksturnya lembut, pasti wanginya, dan bisa dikasih olesan apa aja, mulai yang rasa manis maupun gurih. Banyak pilihan loh seperti selai buah (nanas, strawberry, blueberry), cokelat, selai kacang, abon juga bisa.

Cara pembuatannya cukup simple juga, cukup dengan metode all in one saja yang cukup mudah, karena pencampuran adonan akan dilakukan sekaligus. Jadi bisa dimasak dalam waktu yang mepet, seperti kemarin malam pas mau lembur, tiba-tiba pengen bikin bolu yang satu ini ya sudah langsung bikin aja. Engga lebih dari 1 jam dah matang. Akhirnya bisa lembur ditemani secangkir susu hangat dan potongan bolgul yang juga masih hangat. Hmm nikmatnya dobel dah...hehe.  

Yang pengen bikin simak resepnya di bawah ini ya sahabat...

Bahan:
  • 6 butir telur utuh
  • 90 gram gula pasir
  • 1 sdm sp
  • 70 gram tepung terigu protein sedang
  • 10 gram tepung maizena
  • 10 gram susu bubuk
  • 1 sdt vanilla
  • 125 gram margarin
Cara Buat:
  1. Siapkan loyang yang akan digunakan. Saya mengunakan loyang yang biasa untuk memanggang kue kering. Olesi dengan margarin, kemudian lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan margarin.
  2. Panaskan oven pada suhu 200 derajat celcius selama 10 menit. 
  3. Lelehkan margarin, kemudian dinginkan dan sisihkan.
  4. Masukkan semua sisa bahan ke dalam baskom kecuali mentega cair. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi, tunggu hingga adonan mengembang, kental dan berwarna putih.
  5. Masukkan margarin cair, aduk dengan spatula. Pastikan tercampur dengan rata , dan tidak ada cairan margarin  yang mengendap di dasar adonan.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Ketuk-ketukkan loyang beberapa kali agar tidak ada rongga udara dalam adonan sebelum dipanggang.
  7. Panggang selama 15 menit atau sampai permukaan bolu berwarna kecoklatan.
  8. Siapkan kertas roti untuk menggulung. Dalam keadaan panas atau hangat, balikkan loyang ke atas kertas roti. Kemudian oleskan selai ke permukaan bolu. Kali ini saya pake selai strawberry buatan saya sendiri. Gulung dari pinggir sambil agak ditekan. Rapatkan sisa kertas di bagian ujung, kemudian diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit sebelum gulungan dibuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar