Minggu, 29 November 2015

Singkong Goreng Kremes ala Cafe



Menu sederhana yang tak pernah lekang oleh waktu. Cieeee..... Apa sih yang terbayang di benak teman-teman? Singkong goreng....itu menu sederhanaku, ga pernah bosan, selalu habis disantap oleh pemirsa di rumahku. 

Ada sedikit cerita dibalik menu singkong goreng kali ini. Pertama mencicipi di Pondok Kopi, tempat nongkrong minum kopi di area Umbul Sidomukti. Tepatnya di punggung gunung Ungaran, Jawa Tengah. Ada banyak fasiltas & servis di daerah wisata ini seperti Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room. Salah satu yang menarik ya di Pondok Kopi ini, karena tempatnya super asri dengan pemandangan full lembah yang indah. Bisa dapat banyak inspirasi kalau lama-lama nongkrong di tempat ini. 

Menu makanan dan minuman di Pondok Kopi ini lumayan komplit loh, mulai dari camilan sampai makan berat seperti nasi goreng dan bakmi pun ada. Selain kopi ada juga teh poci yang mantab. Kebetulan waktu itu pesan singkong goreng original, ada pula yang rasa keju, tapi saya tertarik dengan yang rasa original. Eehh....ternyata enak bangettt singkong gorengnya. Bentuknya mekar jadi bisa terasa renyah di luar dan empuk di bagian dalamnya. 


Menu ini sekarang juga mudah dijumpai di cafe-cafe, rasanya mirip dan tidak jauh beda. Tapi kalau teman-teman penasaran dengan suasana di Pondok Kopi ini, cobalah kesana. Perjalanan yang ditempuh juga menyenangkan untuk dinikmati karena pemandangan lereng gunung di sepanjang jalan. Sayangnya koleksi dokumentasi yang saya miliki tidak lengkap merekam beberapa spot yang indah. Kapan-kapan saya lengkapi fotonya ya...
 
Nah ini nih resep singkong goreng ala cafe yang garing dan empuk.
Bahan:
2 buah singkong (kurang lebih 500gr) potong sesuai selera
air dingin/air es secukupnya
minyak goreng secukupnya
Bumbu halus:
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
2 sdm makan garam (sesuai selera)
Cara Masak:
  • Siapkan bumbu halusnya terlebih dahulu.
  • Singkong yang sudah bersih dimasak terlebih dahulu supaya empuk dengan cara dikukus hingga setengah matang. Biarkan dahulu di dalam dandang agar tetap panas.
  • Campurkan bumbu halus ke dalam air es, sesuaikan tingkat keasinannya sesuai selera.
  • Masukkan singkong kukus yang masih panas ke dalam air es hingga terendam. Biarkan hingga terlihat merekah, kurang lebih sekitar 5 menit.
  • Tiriskan singkong kemudian goreng ke dalam minyak yang sudah dipanaskan, gunakan minyak yang banyak agar singkong cepat garing.
  • Bila sudah terlihat kecoklatan, angkat dan tiriskan. Singkong hangat dan renyah siap dinikmati 
Bila suka penggunaan garam dapat dikurangi, kemudian taburkan bumbu tabur yang sudah jadi, seperti rasa keju, jagung bakar atau barbequ.
Sedikit tips buat teman-teman. Pilihlah singkong yang mempur atau kulit dalamnya berwarna pink agar hasilnya lebih empuk. Untuk menghindari rasa pahit yang kadang muncul. Singkong bisa direndam terlebih dulu beberapa jam sebelum digunakan. Saya bahkan biasa merendam semalaman agar rasanya lebih enak. Cukup direndam air biasa tanpa tambahan bahan apapun.

Silahkan resepnya dicoba teman-teman, jika ada tambahan ide atau koreksi silahkan kirim komentarnya ya. Makasih.....