Selasa, 17 November 2015

Donat Kentang

Kangennn.... Dah lama ga berbagi resep. Sebulan kemarin masih konsen dengan materi trading forex, jadi cuma masak-masak dan langsung dinikmati sendiri aja. Tidak sempat bagi-bagi resep. Hari ini berbagi resep untuk camilan aja ya... Donat....di mana-mana ada yang jual. Mulai dari warung kecil, kantin sekolah sampai gerai terkenal yang ada di mall-mall itu. Donat dijual dengan berbagai pilihan rasa dan harga tentunya. 
Dasarnya saya yang doyan makan apa ya, soalnya semua jenis masakan atau camilan yang saya suka pengennya bisa bikin sendiri.Termasuk donat ini, ternyata mudah sekali. Berkali-kali bikin donat, ada salah satu resep donat yang paling saya suka yaitu donat kentang. Hasilnya selalu empuk, bahkan sampai hari kedua. Kalau hari ketiga belum tau soalnya donat selalu cepet habis buat rebutan hehe....nanti kapan-kapan pengen ngetes juga sih. Biar bisa cerita ke teman-teman, apalagi yang pengen jualan donat. 
Acara arisan kemarin saya sajikan resep ini buat suguhan. Bikin satu setengah resep, hasilnya sekitar 30 biji donat dengan ukuran yang mengenyangkan. Hihi...seneng juga banyak yang bilang rasanya empuk dan enak. Nah sisa kentang rebus saya buat lagi tapi dengan bentuk yang beda, kotak. Menarik juga karena donat jadi mudah ditata rapi dan muat lebih banyak. 
Ini resepnya teman.....

Bahan:
500 gram tepung terigu cakra
200 gram kentang kukus
50 gram susu bubuk
100 gram gula pasir
1 sachet ragi instan (11 gram atau 2 sdm)
75 gram mentega/margarin
1/2 sdt garam halus
100 ml air dingin
4 butir kuning telur

Cara Membuat:
  • Aduk rata dalam suatu wadah/baskom kering: tepung terigu, gula pasir, ragi dan susu bubuk.
  • Setelah rata tambahkan kentang halus, kuning telur dan air sedikit demi sedikit hingga dirasakan setengah kalis.
  • Masukkan garam dan mentega, lanjutkan uleni hingga kalis elastis. Diamkan adonan ini selama kurang lebih 20 menit. Tutup dengan serbet ya agar permukaan adonan tidak menjadi kering.
  • Setelah 20 menit atau adonan menjadi 2 kali lipat ukurannya, kempiskan. Gilas adonan pelan untuk mengeluarkan anginnya. Kemudian cetak adonan, bisa dibentuk bulat dan dilubangi tengahnya. Atau dibentuk dengan cetakan khusus donat, ada yang bentuk bunga juga loh. Kalau saya sengaja ingin bentuk kotak, jadi adonan cuma saya gilas rata. kemudian dipotong-potong dengan ukuran yang seragam. Bisa juga dibulatkan kecil-kecil untuk dibuat donat tusuk atau sate donat.
  • Goreng adonan dengan minyak panas, dan api kecil. 
  Ada sedikit tips saat menggoreng donat. Yang terbaik adalah menggunakan minyak padat, karena hasilnya tidak berminyak. Tapi jika tidak ada minyak padat kita bisa menggunakan minyak goreng biasa. Tipsnya adalah donat jangan terlalu sering dibolak-balik karena ini akan membuat hasilnya berminyak. Cukup sekali balik aja, asal apinya kecil bagian dalam donat akan tetap matang, dan kulitnyapun berwarna cantik. Untuk donat yang berbentuk lubang di tengahnya, cukup gunakan sumpit untuk menggoreng. Putar-putar donat agar matangnya rata.  
Donat yang sudah selesai digoreng tiriskan dulu diatas kertas minyak hingga dingin, baru siap dihias. Kali ini saya hanya mengunakan gula halus, meises coklat dan keju parut untuk hiasan. Bisa juga dihias menggunakan coklat warna warni yang dicairkan.  Lain kali akan saya sertakan contoh hasil donat dengan berbagai hiasan. Silahkan mencoba dulu resepnya...hmmm hasilnya pasti yummy...