Minggu, 06 September 2015

Tart Ulang Tahun

Ga ada rencana sebelumnya mau bikin kue tart, tiba-tiba  saja ide ini terlintas. Awal september kemarin bapak ulang tahun, jadi deh bikin tart dadakan aja ceritanya. Untuk bolu dasarnya pakai yang paling sederhana saja, sponge cake. Sebenarnya pengen sih pake yang lebih mantab seperti lapis surabaya, tapi apa daya cuma menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada aja. Hehe... jadi kebiasaaan nih kayanya selalu pake bahan-bahan seadanya.
Untuk buttercreamnya sengaja saya ga pake gula pasir halus, jadi cukup campuran dari mentega putih dan susu kental manis. Perbandingannya cukup 1:1 aja, klu suka bisa ditambahkan sedikit pasta vanilla. Hasilnya bisa lembut dan tahan lama juga. Sampai 3 hari rasa buttercreamnya belum berubah padahal engga saya simpan di lemari pendingin.
Bahan:
  • 6 butir telur
  • 1/2 sdt SP
  • 1 sdm air
  • 125 gram tepung terigu
  • 125 gram gula pasir
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 125 gram margarin (cair) 
  • 1/2 sdt pasta cokelat

Cara Buat :
Kocok telur, SP, air dan gula pasir sampai mengembang. Gunakan kecepatan tinggi saat mengocok adonan ini. Saya memakai hand mixer, dan perlu waktu kira-kira 20 menit sampai adonan mengembang.
Setelah adonan mengembang tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder. Agar tercampur rata, sebaiknya diayak terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam adonan telur. Aduk rata dengan spatula, saya menggunakan mixer dengan kecepatan paling rendah. Hehe biar cepat selesai maksudnya.
Tambahkan margarin leleh dan pasta cokelat sedikit demi sedikit, sambil diaduk menggunakan spatula. Pastikan agar adonan tercampur dengan rata. Kemudian tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan sedikit tepung terigu. Saya menggunakan loyang bulat bongkar pasang ukuran 22X7 cm. 

 Oven dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit.
Jujur untuk konsep hiasannya ga ada rencana sama sekali. Yang penting permukaan cake yang kita pakai selalu bagian dasar ya..agar permukaannya rata. Jadi balikkan cake kemudian buang lapisan yang kering. Nah cake siap dihias. Jika belum terbiasa menghias, kita bisa memasukkan adonan butter ke dalam plastik segitiga. Kemudian hias sesuai yang kita inginkan. 
Untuk warnanya saya menggunakan beberapa tetes pasta ke dalam adonan butter cream. Nah ini penampakan kue tartnya. 
 
Kadang karya yang kita hasilkan masih jauh dari kata sempurna, tapi dengan kesungguhan hati saat proses pembuatannya, setiap karya selalu mempunyai makna. Mari bunda dan sista...wujudkan semua karya yang ada dibenak kita, semua jerih payah akan terbayar dengan senyuman keluarga yang kita cintai. Selamat ulang tahun bapak tercinta...semoga masih ada puluhan tahun lagi untuk bersamamu.